Jumat, 12 Oktober 2012

Masa Prasejarah

Kehidupan masyarakat Indonesia sebelum mengenal tulisan disebut juga dengan kehidupan masyarakat Indonesia zaman prasejarah. Zaman prasejarah sejak manusia ada sampai manusia mengenal tulisan. Zaman itu merupakan suatu zaman yang sangat panjang dalam sejarah kehidupan manusia.
Masyarakat  Prasejarah mempunyai kepercayaan animisme (suatu kepercayaan yang menyatakan bahwa setiap benda memiliki roh atau jiwa) dan dinamisme (suatu kepercayaan yang menyatakan bahwa setiap benda mempunyai kekuatan gaib).

Pembagian Zaman Prasejah
Pembagian zaman dalam pembahasan kali ini dibedakan menjadi 2 yaitu pembagian secara geologi dan arkeologis. Pembagian berdasarkan geologinya dapat dijelaskan sebagai berikut :
1.       Zaman Arkaekum
Zaman tertua ini diperkirakan berusia sekitar 2500 juta tahun. Pada zaman ini keadaan bumi belum stabil dan masih panas. Kulit bumi dalam proses pembentukan. Pada zaman ini belum ada tanda-tanda kehidupan.
2.       Zaman Palezoikum
Zaman ini berusia sekitar 340 juta tahun. Keadaan bumi masih belum stabil dan masih berubah-ubah. Pada zaman ini sudah ada tanda-tanda kehidupan, seperti makhluk bersel satu atau mikroorganisme, binatang yang tidak bertulang punggung, beberapa jenis ikan, amfibi, dan reptile. Zaman ini disebut juga zaman primer atau zaman pertama.
3.       Zaman Mesozoikum
Zaman ini diperkirakan berusia 140 juta tahun. Pada zaman ini, kehidupan mengalami perkembangan yang pesat. Muncul binatang-binatang besar, seperti jenis-jenis binatang dinosaurus, atlantosaurus, serta jenis-jenis burung dalam bentuk yang sangat besar. Pada zaman ini berkembang berbagai jenis reptile. Zaman Mesozoikum ini disebut juga zaman sekunder atau zaman kedua.
4.       Zaman Neozoikum
Zaman ini diperkirakan berusia sekitar 60 juta tahun. Keadaan bumi semakin membaik, perubahan cuaca tidak begitu besar dan kehidupan berkembang dengan pesat. Zaman ini dibedakan atas dua zaman yaitu:
a.          Zaman Tertier.
Zaman ini ditandai berkurangnya jenis-jenis binatang besar dan telah hidup jenis-jenis binatang menyusui, yaitu kera dan monyet.
b.          Zaman Quarter.
Zaman ini berlangsung sekitar 600.000 tahun yang lalu. Zaman ini ditandai adanya tanda-tanda kehidupan manusia purba dan zaman ini terdiri atas dua bagian, yaitu kala pleistosen dan kala holosen.
Kala Pleistosen atau Zaman Dilluvium.
Zaman ini berlangsung sekitar 600.000 tahun yang lalau. Zaman ini disebut juga disebut zaman es (zaman Glasial). Pada zaman ini, es dari Kutub Utara mencair hingga menutupi sebagian Eropa Utara, Asia Utara, dan Amerika Utara. Naik turunnya temperatur bumi datang dan silih berganti dengan tiba-tiba. Jika temperatur turun, genangan es semakin luas dan air laut menjadi turun. Sebaliknya jika temperatur naik, es-es tersebut mencair dan membentuk lautan-lautan yang luas.
Kala Holosen atau Zaman Alluvium.
Zaman ini berkembang sejak 20.000 tahun yang lalu. Pada zaman ini mulai hidup jenis homo sapiens, yaitu jenis manusia seperti manusia zaman sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar